Sehubungan dengan keluarnya Surat Keputusan Rektor UI Nomor 32 Tahun 2016 Tentang Unit Kerja Khusus Pelayanan dan Pengabdian Masyarakat dan Nomor 33 Tahun 2016 Tentang Unit Kerja Khusus Penelitian dan Inovasi, maka pada tanggal 10 Maret 2017, bertempat di Ruang Soekardono Kampus FHUI, Pusat Kajian Wanita dan Gender UI mengadakan rapat kerja khusus.

Rapat kerja tersebut ditujukan untuk melakukan restrukturisasi PKWG UI sekaligus penyusunan rencana strategis dan program kerja PKWG UI. Hadir dalam rapat tersebut Dr. Khaerul Umam Noer (Ketua), Dr. Lidwina Inge Nurtjahyo (Wakil), Dr. Mia Siscawati (Advisori Board), Tien Handayani Nafi, M.Si (Anggota), Iva Kasuma, M.Si (Anggota), Shelly Adelina, M.Si (Anggota), Tirtawening Parikesit, M.Si (Anggota), dan Anastacia Cindy (Anggota). Dalam rapat tersebut disepakati adanya perubahan struktur pimpinan sekaligus rencana strategis PKWG UI.

PKWG UI akan difokuskan menjadi lembaga riset terdepan dalam kajian gender di Indonesia. Dalam upaya mencapai tujuan tersebut, PKWG UI akan berfokus pada tiga sektor: Reseach Sector, Knowledge Management Sector, dan Cooperation Sector. Seluruh kegiatan PKWG UI akan berada di bawah sektor-sektor tersebut. Dengan adanya perubahan struktur dan pembentukan rencana strategis, diharapkan PKWG UI dapat terus menjadi lembaga riset unggulan di tingkat Universitas Indonesia dan lembaga riset rujukan di Indonesia.